Selasa, 08 Februari 2011

Mengatasi masalah win

Saya pernah jg ketika meng-upgrade dengan menggunakan CD setup Windows XP dan mengalami gejala2 berikut:

GEJALA :

* Komputer ane restart sendiri pada interval/selang waktu yang acak.
* Ketika pertama kali menghidupkan komputer ada peringatan seperti berikut:

Windows could not start because the following file is missing or corrupt :
System32 \ DRIVERS \ pci.sys

* Ketika ane start komputer dengan menggunakan Windows XP Recovery Console atau memulai setup dari Windows XP CD-ROM, terdapat pesan error salah satu dari pesan kesalahan berikut:

Setupdd.sys could not be loaded. Error code 4.

atau :

Setupdd.sys could not be loaded. Error code 7.

PENYEBAB :

Masalah ini dapat terjadi jika kompi agan berisi komponen perangkat keras (Hardware) yang kotor / bahkan rusak atau tidak kompatibel dengan Windows XP.

PENANGANAN :

Nah, untuk mengatasi permasalahan setup Windows XP seperti telah disebutkan diatas, ane pakai langkah ini gan :

1. Shut down komputer agan, dan kemudian cabut semua perangkat PCI (Peripheral Component Interconnect).
2. Restart komputer agan.
* Jika setup Windows start dengan normal, matikan komputer, kemudian pasang ulang perangkat PCI satu per satu. Jalankan Windows setelah instalasi masing-masing perangkat hardware. Ketika agan menginstal perangkat yang menyebabkan masalah yang dijelaskan di bagian "GEJALA" seperti yg sdh ane sebutkan diatas, cabut perangkat tersebut, dan kemudian lanjutkan pemasangan perangkat PCI lain.
* Jika setup Windows tidak berhasil start, cabut satu atau lebih dari modul memori yang terpasang pada komputer agan. Cukup biarkan satu buah RAM pada komputer untuk menjalankan setup Windows XP.

sbg catatan Windows XP membutuhkan 128 megabytes (MB) RAM. Minimum adalah 64 MB dan maksimum adalah 4 gigabyte (GB).

Sebagai contoh, jika dua 256-MB modul memori yang diipasang di komputer agan, cabut salah satu dari modul memori. Jika Windows mulai berhasil, matikan komputer, kemudian pasang kembali modul RAM satu per satu. Jalankan setup Windows setelah instalasi dari masing-masing modul RAM. Ketika agan memasang sebuah modul yang menyebabkan masalah yang dijelaskan di bagian "GEJALA", cabut modul RAM, kemudian lanjutkan menginstal modul RAM yang lain.

segitu saja gan tips dari ane semoga bisa sedikit terbantu, kalaupun tdk berhasil jg tunggu para mastah & suhu turun tangan disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar